Minggu, 25 Desember 2011

Perbedaan Perkembangan Anak Usia Toddler (1-3 tahun) antara yang diasuh orang tua dan pembantu rumah tangga


ABSTRAK

Devi, Griestanti, 2008. Perbedaan Perkembangan Anak Usia Toddler (1-3 tahun) antara yang diasuh orang tua dan pembantu rumah tangga di RT. 07 RW. 12 Desa Saptorenggo Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Karya Tulis Ilmiah Politeknik Kesehatan Depkes Malang. Program Studi Keperawatan Lawang. Pembimbing: (1) Agus Setyo Utomo, App (2) Lucia Retnowati, SST

Kata kunci  : perkembangan anak usia Toddler (1-3 tahun), orang tua, pembantu rumah tangga 

            Perkembangan adalah perubahan psikologis hasil dari proses pematangan fungsi psikis dan fisik pada diri anak yang ditunjang oleh faktor lingkungan dan proses belajar dalam kurun waktu tertentu menuju kedewasaan (Drs. Suherman, 2000). Cara mengasuh merupakan pola interaksi antara orang tua dan anak yaitu bagaimana sikap atau perilaku orang tua saat berinteraksi dengan anak (Theresia  Indira Shanti, 2000). Dari hasil studi pendahuluan di RT. 07 RW. 12 Desa Saptorenggo Kecamatan Pakis Kabupaten Malang pada tanggal 15 Januari 2008, didapatkan tugas perkembangan anak usia 2 tahun yang diasuh pembantu rumah tangga mengalami keterlambatan dalam perkembangannya pada motorik kasarnya sehingga mengalami 3 keterlambatan dikategorikan kurang berkembang. Sedangkan tugas perkembangan anak usia 2 tahun yang diasuh orang tua tidak mengalami keterlambatan dalam perkembangannya dikategorikan normal.
            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perkembangan anak usia Toddler (1-3 tahun) antara yang diasuh orang tua dan pembantu rumah tangga di RT. 07 RW. 12 Desa Saptorenggo Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Penelitian dilakukan pada bulan Agustus 2008. Desain penelitian komparatif dengan menggunakan total sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi DDST. Hasil penelitian disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi.
            Hasil penelitian didapatkan bahwa perkembangan anak usia Toddler (1-3 tahun) yang diasuh orang tua sebanyak 10 anak (100%) mengalami perkembangan anak normal dan perkembangan anak usia Toddler (1-3 tahun) yang diasuh pembantu rumah tangga sebanyak 12 anak (80%) mengalami perkembangan anak normal. Setelah dianalisa  anak usia Toddler (1-3 tahun) antara yang diasuh orang tua dan pembantu rumah tangga menurut Mann Whitney U-test menunjukkan Uhitung  <  Utabel (-15 < 33), berarti ada perbedaan perkembangan anak usia Toddler (1-3 tahun) antara yang diasuh orang tua dan pembantu rumah tangga.
            Bagi orang tua yang mempunyai anak usia Toddler (1-3 tahun) diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan pengasuhan anak serta dapat memberikan perhatian dan kasih sayang lebih dan tidak melimpahkan sepenuhnya pengasuhan anak ke pembantu rumah tangga. Posyandu diharapkan berupaya meningkatkan perkembangan anak usia Toddler (1-3 tahun) dengan cara meningkatkan program Posyandu yang berhubungan dengan perkembangan anak usia Toddler (1-3 tahun). Peneliti selanjutnya dapat meningkatkan wawasan peneliti tentang perkembangan anak usia Toddler (1-3 tahun) untuk menunjang promosi kesehatan (Posyandu Anak) dan mengaplikasikannya dalam suatu karya tulis ilmiah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar