Minggu, 25 Desember 2011

Hubungan Antara Pengetahuan tentang Persalinan Normal dengan Tingkat Kecemasan Ibu Primigravida menghadapi Persalinan Normal


ABSTRAK

Nopalina, Nurbaya. 2007. Hubungan Antara Pengetahuan tentang Persalinan Normal dengan Tingkat Kecemasan Ibu Primigravida menghadapi Persalinan Normal di Puskesmas Purwosari Kabupaten Pasuruan. Karya Tulis Ilmiah Politeknik Kesehatan Malang Program Studi Keperawatan Lawang. Pembimbing I : Marsaid, S.Kep.Ners II : H. Siswanto, S.Pd,M.Kes.

Kata Kunci : Pengetahuan, Persalinan Normal, Kecemasan, Primigravida.

Kecemasan merupakan unsur pokok dalam kehidupan manusia berkaitan dengan perkembangan fisik, psikologis, moral dan spiritual berhubungan dengan usaha manusia dari ketergantungan psikologi sejak kecil hingga dewasa (Kusumanto, 1980). Kecemasan dapat dialami oleh siapa saja termasuk ibu primigravida. Kecemasan yang dialamiu berupa takut anaknya lahir cacat atau mati dan perasaan was-was karena informasi dari teman-temannya yang sudah berpengalaman dan dari lingkungan sekitar. Pada ibu primigravida perasaan cemas timbul karena bagi ibu primigravida melahirkan merupakan pengalaman pertama yang sangat mempengaruhi proses persalinan.
Desain penelitian ini adalah analitif korelatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan tentang persalinan normal dengan tingkat kecemasan ibu primigravida menghadapi persalinan normal di Puskesmas Purwosari. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 33 orang. Teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling sebanyak 24 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dengan menggunakan uji statistik spearman rank.
Hasil penelitian didapatkan 13 responden (54,16%) pengetahuannya dengan keriteria kurang, sedangkan tingkat kecemasan sebanyak 10 responden (41,66%) dan cemas berat sebanyak 6 responden (25%), berdasarkan uji statistik dengan menggunakan spearman rank diketahui ada hubungan pengetahuan tentang persalinan normal dengan tingkat kecemasan ibu primigravida menghadapi persalinan normal karena r 0,001 < 0,01 yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak.
Berdasarkan hasil penelitian diharapkan bagi instansi kesehatan hendaknya memberikan penyuluhan dan informasi dan memberikan wawasan ibu-ibu muda di wilayah kerjanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar