Minggu, 25 Desember 2011

Kecemasan Klien Asma Tentang Kekambuhan Penyakitnya


ABSTRAK

Gambaran Tingkat Kecemasan Klien Asma tentang Kekambuhan Penyakitnya di Desa Wonokusumo Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso. Rofyan Hadi (2009) Karya Tulis Ilmiah Deskriptif, Program Studi Keperawatan Lawang, Jurusan Keperawatan, Politeknik Kesehatan Depkes Malang.  Pembimbing (utama): Ganif Djuwadi SST, S.Pd, M.Kes,  Pembimbing (pendamping): Agus Setyo Utomo, APP.

Kata Kunci    : Tingkat Kecemasan, Asma, Kekambuhan

Kecemasan adalah reaksi alami di dalam kondisi perawatan hidup, karena tubuh akan diperingatkan dan seluruh sumber daya manajemen dalam tubuh akan dimobilisasi. Angka kejadian penyakit asma di Indonesia tahun 2006 kira-kira 2-20% populasi anak di laporkan pernah menderita asma diperkirakan berkisar antara 5-10%. Di poliklinik sub bagian paru anak FKUP-RSCM Jakarta, lebih dari 50% kunjungan merupakan penderita asma.
Dampak kecemasan klien asma membuat klien stress jika terlalu lama mengalami kecemasan selalu menganggap dirinya tidak berguna lagi HDR terjadi gangguan psikososial Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif survey yang dilakukan pada klien penderita asma di wilayah Desa Wonokusumo Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso pada tanggal 31 Agustus 2009 sampai dengan 1 September 2009 dengan jumlah sampel sebanyak 35 responden yang dipilih melalui tekhnik “Total Sampling “Tujuan penelitian ini dalah untuk mengetahui gambaran tingkat kecemasan pada klien asma tentang kekambuhan penyakitnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sebagian besar sebanyak 16 (46%) responden mengalami kecemasan tingkat berat, sebagian besar yang lain sebanyak 15 (43%) responden mengalami kecemasan tingkat sedang dan sebagian kecil sebanyak 4 (11%) responden mengalami kecemasan tingkat ringan dengan berbagai faktor yang mempengaruhi antara lain umur, pendidikan dan aktifitas.
Diharapkan dari hasil penelitian ini dapat memberikan upaya tindak lanjut penerangan dan penyuluhan kesehatan oleh instansi pelayanan kesehatan setempat untuk meringankan beban psikologis klien asma tentang penyakitnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar