Minggu, 25 Desember 2011

Perawatan Artriris Pada Lanjut Usia


ABSTRAK
Karyaningsih, Yuni. 2008. Gambaran Perawatan Artriris pada Lanjut Usia di Posyandu Kunti Tali Broto di Desa Ardimulyo Song-song Kecamatan Singosari. Karya Tulis Ilmiah. Program Studi Keperawatan Lawang. Politeknik Kesehatan Depkes Malang. Pembimbing : (1) Dra. Mustayah, M.Kes (2) Agus Utomo, APP

Kata kunci : perawatan artritis, lansia


Lansia adalah proses menghilangnya kemampuan jaringan untuk memperbaiki diri (R. Boedhi Darmojo, 1999 : 3). Pada lansia sering muncul berbagai macam penyakit salah satunya adalah penyakit persendian. Dari hasil wawancara yang dilakukan kepada 4 orang lansia tentang perawatan artritis, mereka mengatakan tidak melakukan perawtaan secara khusus. Mereka mengatakan hanya memijit daerah yang sakit dengan menggunakan balsem dan mengistirahatkan sendi-sendi yang terasa sakit. Sehingga peneliti mengambil judul penelitian tentang Gambaran Perawatan Artritis Pada Lanjut Usia di Posyandu Kunti Tali Broto di Desa Ardimulyo Songsong Kecamatan Singosari. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2008.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perawatan artritis pada lanjut usia di Posyandu Kunti Tali Broto di Desa Ardimulyo Song-song Kecamatan Singosari. Pada penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan jumlah sampel 10 orang dan menggunakan teknik total sampling. Adapun instrumen yang digunakan yaitu dengan menggunakan kuesioner tertutup.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setengahnya (50%) lanjut usia masuk dalam kategori cukup dalam melakukan tindakan keperawatan dalam usahanya untuk mengurangi artritis, hampir seluruhnya (80%) lanjut usia masuk dalam kategori kurang bisa dalam melakukan tindakan keperawatan dalam usahanya untuk mencegah kekambuhan artritis.
Dengan demikian diharapkan lansia dapat melakukan perawatan untuk mengurangi dan mencegah terjadinya kekambuhan artritis. Bagi Puskesmas / Posyandu Kunti Tali Broto hendaknya memberikan informasi bagaimana cara perawatan yang dilakukan untuk mengurangi dan mencegah terjadinya kekambuhan. Bagi peneliti untuk menambah wawasannya tentang riset keperawatan. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat digunakan sebagai masukan dalam penelitian berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar