Minggu, 25 Desember 2011

Hubungan Antara Pengetahuan Tentang Bahaya Rokok Dengan Perilaku Merokok


ABSTRAK

Dwi.W, Estiananda. 2008. Hubungan Antara Pengetahuan Tentang Bahaya Rokok Dengan Perilaku Merokok Pada Siswa SMPN 1 Selopuro Kabupaten Blitar. Karya Tulis Ilmiah. Program Studi Keperawatan Lawang Politeknik Kesehatan Malang.
Pembimbing : (1) Marsaid, S.Kep.Ners. (2) Agus Setyo Utomo, APP.

Kata Kunci : Pengetahuan, Rokok, Perilaku Merokok

Rokok biasanya berbentuk silinder terdiri dari kertas yang berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm dengan diameter sekitar 10 mm, berwarna putih dan cokelat, sedikit racikan seperti cengkeh, saus rokok dan lainnya. Dimana dilakukan pembakaran pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asap dapat dihirup lewat mulut pada ujung yang lain.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan tentang bahaya rokok dengan perilaku merokok pada siswa SMPN 1 Selopuro Kabupaten Blitar, Pelaksanaannya tanggal 7 agustus 2008, menggunakan metode analitik korelatif. Populasinya siswa laki-laki kelas 8 SMPN 1 Selopuro Kabupaten Blitar sejumlah 141 siswa. Sample yang memenuhi kriteria inklusi sejumlah 52 siswa dengan menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup. Data hasil penelitian dihitung dengan rumas Spearman rank. Taraf signifikan 0,05.
Hasil penelitian tentang pengetahuan didapatkan 29 siswa (55,8%) berada pada kategori kurang dan perilaku merokok didapatkan 31 siswa (57,4%) berada oada kategori sedang. Hasil uji statistik didapatkan Rho 0,234 > 0,05 berarti tidak ada hubungan antara pengetahuan tentang bahaya rokok dengan perilaku merokok pada siswa SMPN 1 Selopuro Kabupaten Blitar.
Tidak ada hubungan antara pengetahuan tentang bahaya rokok dengan perilaku merokok pada siswa SMPN 1 Selopuro Kabupaten Blitar, karena terbentuknya perilaku bukan hanya dari faktor pengetahuan saja tetapi juga dari faktor yang lain seperti kecerdasan, persepsi, emosi, motivasi dan sosial budaya. diharapkan dapat menambah pengetahuan siswa tentang bahaya dan perilaku merokok, bagi SMPN 1 Selopuro dapat memberikan informasi melalui penyuluhan khususnya tentang bahaya rokok dan perilaku merokok dan bagi peneliti selanjutnya dapat digunakan sebagai acuan untuk meneliti hal – hal yang lebih spesifik yang berkaitan dengan bahaya rokok dan perilaku merokok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar