Selasa, 27 Desember 2011

Peran Orang Tua Dalam Memandirikan Anak Retardasi Mental


ABSTRAK

Peran Orang Tua Dalam Memandirikan Anak Retardasi Mental Di SLB-C Dharma Putra Daha Desa Turus – Kecamatan Gurah – Kabupaten Kediri. Dyah Ayu Widyaning Lestari (2011). Karya Tulis Ilmiah Deskriptif, Program Studi Keperawatan Lawang, Jurusan Keperawatan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang.  Pembimbing (utama) : Albertus Setijono, SST , MPd.  Pembimbing (pendamping) : Mustayah, M Kes
Kata kunci : Peran, Orang Tua, Memandirikan, Anak Retardasi Mental

Retardasi mental adalah suatu keadaan perkembangan mental yang terhenti atau tidak lengkap, yang terutama ditandai oleh adanya hendaya (impairment) keterampilan (kecakapan, skill) selama masa perkembangan, sehingga berpengaruh pada semua tingkat inteligensi.. Orang tua anak dengan retardasi mental memiliki peran penting dalam  kemandirian anak untuk kehidupannya kelak. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam memandirikan anak retardasi mental di SLB Dharma Putra Daha - Kediri. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 1 Juni 2011 dengan menggunakan teknik Total sampling atau sampling jenuh yaitu dengan mengambil semua anggota populasi menjadi sampel dan didapatkan responden sebanyak 24 orang. Hasil penelitian didapatkan peran orang tua dalam memandirikan anak retardasi mental saat anak makan dengan tangan 8 responden (33 %) berperan cukup baik , saat anak minum dari cangkir 10 responden (42 %) berperan kurang baik, saat anak makan dengan sendok 14 responden (59 %) berperan  kurang baik, saat anak memakai celana 10 responden (42 %) berperan tidak baik, saat anak memakai kaos kaki 11 responden (46 %) berperan kurang baik, saat anak toilet tranning ( bab dan bak ) 13 responden (54 %) berperan tidak baik, dan saat anak menggosok gigi 9 responden (38 %) berperan cukup baik. Peran orang tua dalam memandirikan anak retardasi mental di SLB Dharma Putra Daha - Kediri secara kualitatif dalam kategori kurang baik yaitu sebanyak 15 responden ( 63% ) mendapatkan skor 40 – 55%. Dari hasil penelitian ini diharapkan orang tua siswa senantiasa meningkatkan perannya dengan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang cara – cara memandirikan anak secara tepat  sehingga  anak nantinya dapat tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan bermanfaat.

1 komentar:

  1. Apakah saya bisa minta email dr yg punya karya tulis ini?
    Terima kasih

    BalasHapus