Selasa, 27 Desember 2011

Pengetahuan Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi di SMA


ABSTRAK


Gambaran Pengetahuan Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi di SMA PGRI Lawang Kecamatan Lawang Kabupaten Malang. Anna Rosyidah Hidayah (2011). Karya Tulis Ilmiah Deskriptif. Program Studi Keperawatan Lawang, Jurusan Keperawatan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang. Pembimbing I Nurul Pujiastuti, S.Kep, Ns, M.Kes, Pembimbing II Marsaid S.Kep, Ns.

 Kata Kunci : Pengetahuan, Remaja, Kesehatan Reproduksi

            Pengetahuan merupakan hasil tahu dan terjadi setelah orang melakukan penginderaan terhadap suatu objek tertentu. Remaja adalah masa transisi/peralihan dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa yang ditandai dengan adanya perubahan aspek fisik, psikis dan psikososial. Secara kronologis yang tergolong remaja ini berkisar antara usia 12/13 – 21 tahun. Kesehatan reproduksi adalah keadaan kesejahteraan fisik, mental dan sosial yang utuh, dan bukan hanya tidak adanya penyakit atau kelemahan, dalam segala hal yang berhubungan dengan sistem reproduksi dan fungsi-fungsi serta proses-proses nya. Remaja saat ini sangat beresiko
            Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi di SMA PGRI Lawang. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 4 Oktober 2010 dengan menggunakan teknik stratified propotional random sampling yaitu pengambilan sampel yang ditentukan dengan pertimbangan antara jumlah populasi berdasarkan masing-masing strata. Dalam penelitian ini mengambil 20% dari jumlah populasi yaitu 20% dari 457 orang didapatkan sampel sebanyak 91 responden.
            Dari hasil penilitian didapatkan pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi di SMA PGRI Lawang Kecamatan Lawang Kabupaten Malang adalah mayoritas responden yaitu sebanyak 84 responden (92%) adalah berpengetahuan baik. Dan minoritas responden  yaitu sebanyak 6 responden (6,6%) adalah berpengetahuan cukup baik.
            Dari hasil penelitian ini diharapkan instansi kesehatan yang terkait dapat melakukan upaya-upaya yang dapat meningkatkan pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi, yaitu dengan cara memberikan promosi kesehatan melalui penyuluhan secara terpadu dengan memberikan leaflet atau brosur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar