ABSTRAK
Surya Gandha. 2011.
Profil Klien Gangguan Asam Urat di Wilayah Kerja Puskesmas Bangsongan Kabupaten
Kediri. Karya Tulis Ilmiah. Program Studi Keperawatan Lawang
Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang. Pembimbing (1) Drs.H.Samsul Bari,
SST, M.Si (2) Supono,S.Kep.Ns, M.Kep, Sp.KMB
Asam Urat dapat didefinisikan sebagai sampah hasil
metabolisme normal dari pencernaan protein (terutama dari daging, hati, ginjal
dan beberapa jenis sayuran seperti kacang dan buncis) atau dari penguraian
senyawa purin (sel tubuh yang rusak), yang seharusnya akan dibuang melalui
ginjal, feses, atau keringat (Sustrani dkk, 2005). Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui Profil
Gangguan Klien Asam Urat di Wilayah Kerja Puskesmas Bangsongan Kabupaten Kediri, dilaksanakan pada tanggal 16 – 20 Mei 2011 dan teknik
pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Jenis penelitian adalah
deskriptif dengan jumlah sampel 30 responden, menggunakan teknik insidental
sampling pada klien gangguan asam urat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan
responden tentang pengertian makanan sehat adalah cukup baik ada 76,3%,
pengetahuan responden tentang cara pencegahan adalah baik ada 80%, pengetahuan
responden tentang penanganan atau pengobatan adalah baik ada 63,4%, pengetahuan
responden tentang gangguan asam urat adalah baik ada 63,3%, perilaku responden
tentang aktivitas adalah baik ada 83,3%, dan perilaku responden tentang pola
makan adalah baik ada 83,3%, perilaku responden tentang gangguan asam urat
adalah baik ada 63,4%. Merujuk pada hasil penelitian, maka hendaknya tetap disarankan
bagi klien gangguan asam urat untuk senantiasa meningkatkan pengetahuannya
melalui segala media baik buku, majalah maupun televisi. Kepada pihak tempat
penelitian diharapkan untuk senantiasa meningkatkan kualitas pengetahuan
melalui penyuluhan atau health education tentang
asam urat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar