Minggu, 25 Desember 2011

Pengetahuan Ibu tentang Pijat Bayi


ABSTRAK

Siti Aisaroh. 2011. Gambaran Pengetahuan Ibu tentang Pijat Bayi Di Desa Tampung Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan. Karya Tulis Ilmiah. Program Studi Keperawatan Lawang. Politeknik Kesehatan Malang. Pembimbing Utama: Drs. H. Samsul Bari,SST.M. Si, Pembimbing Pendamping: Nurul Pujiastuti, S.Kep, Ns, M.Kes.

Kata Kunci: Pengetahuan, Ibu , Pijat Bayi

Pijat   disebut stimulus touch yang merupakan langkah utama saat bayi lahir dan komunikasi utama pada bayi baru lahir (Ayurai, 2010). Pijat diperkirakan ada sejak awal kehidupan manusia, mungkin pijat berhubungan erat dengan kehamilan dan kelahiran manusia. Karena setelah kelahiran, bayi butuh pijatan untuk menjamin kontak tubuh  berkelanjutan yang dapat mempertahankan perasaan aman pada bayi ( Roesli , 2001). Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran pengetahuan ibu tentang pijat Bayi Di Desa Tampung Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan, dilaksanakan 8-11Juni 2011 dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup. Jenis penelitian deskriptif dengan jumlah populasi dan sampel 50 responden, menggunakan teknik total sampling pada semua ibu yang mempunyai bayi. Hasil penelitian: 1). Pengetahuan ibu tentang pengertian pijat bayi yang memiliki nilai kurang adalah 44%, 2). Pengetahuan ibu tentang tata cara pijat bayi yang memiliki nilai cukup adalah 48%, 3). Pengetahuan ibu tentang waktu yang tepat dilakukan pijat bayi memiliki nilai kurang adalah 56%, 4). Pengetahuan ibu tentang hal yang boleh & tidak dianjurkan memiliki nilai baik adalah 52%, 5).  Pengetahuan ibu tentang manfaat  memiliki nilai baik adalah 56%. Dari penelitian didapatkan pengetahuan ibu tentang pijat bayi memiliki nilai baik adalah 42%, tetapi disarankan bagi ibu  mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang pijat bayi dari majalah ataupun dari petugas kesehatan.

1 komentar:

  1. Pak,ini saya veronika winda saskia mahasiswa stikes jenderal achamad yani yogyakarta semester 5.saya membutuhkan jurnal serta kuesioner utk penelitian gambaran tingkat pengetahuan ibu tentang pijat bayi.Mohon bantuannya pak,ini no dan email saya : veronikawinda13@gmail.com
    081259229852

    BalasHapus