Minggu, 25 Desember 2011

Tingkat Kecemasan Mahasiswa Dalam Menghadapai Ujian Karya Tulis Ilmiah


ABSTRAK


Suhariyanto, 2007. Gambaran Tingkat Kecemasan Mahasiswa Dalam Menghadapai Ujian Karya Tulis Ilmiah Semester IV Program Studi Keperawatan Lawang Poltekkes Malang Progsus RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang. Pembimbing : (1) Marsaid, SKep,Ns (2) Agus Setyo Utomo, APP


Kata kunci : Kecemasan, Mahasiswa, Ujian, Karya Tulis Ilmiah

Kecemasan adalah merupakan suatu penyerta yang normal dari pertumbuhan di dalam kehidupan manusia dimana hampir semua manusia disepanjang hidupnya, kecemasan selalu menyertainya. Setiap masalah pertumbuhan mengandung kesulitan tapi kurangnya kendali dari mahasiswa terhadap situasi dapat menimbulkan kecemasan.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang tingkat kecemasan mahasiswa dalam menghadapi ujian karya tulis ilmiah Prodi Keperawatan Lawang Progsus RSJ Dr. Radjiman wediodiningrat Lawang yang dilaksanakan pada bulan April sampai dengan bulan Juni 2007. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan populasinya adalah mahasisawa Progsus RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang Prodi Keperawatan Lawang. Metode pengambilan sampling adalah consecutive sampling dengan jumlah responden 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Setelah data terkumpul, ditabulasikan untuk kemudian dilakukan scoring dan diprosentasekan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden dalam menghadapi ujian karya tulis ilmiah semester IV Program Studi Keperawatan Lawang Poltekkes Malang Progsus RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang sebanyak 60% responden mengalami kecemasan ringan dan 40% mengalami kecemasan sedang.
Dari hasil penelitian tersebut dapat menggambarkan bahwa mahasiswa Prodi keperawatan Lawang Poltekkes Malang Progsus RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang, semua mengalami kecemasan. Dari penelitian ini diharapkan dapat menurunkan tingkat kecemasan mahasiswa dengan cara mengintensifkan persiapan baik pengetahuan maupun mental tentang karya tulis ilmiah dan yang berkaitan.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar