Sabtu, 24 Desember 2011

Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Pencegahan Kanker Serviks


ABSTRAK
Sabareta, Nadia. 2011. Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Pencegahan Kanker Serviks di Kelurahan Gondang Wetan Kecamatan Gondang Wetan Kabupaten Pasuruan, Karya Tulis Ilmiah, Politeknik Kesehatan Kemenkes  Malang, Program Studi Keperawatan Lawang.
Pembimbing I: Drs. H. Samsul Bari, SST, M.Si. Pembimbing II: Ni Wayan Dwi Rosmalawati, A. Per.Pen, M.Kes
 

Kata kunci: Pengetahuan, Ibu, Kanker Serviks.
Pengetahuan perempuan tentang pencegahan kanker serviks sangat kurang. Penelitian menunjukkan bahwa dari 5.432 wanita Asia, hanya sekitar 2% perempuan yang mengetahui bahwa infeksi Human Papiloma Virus (HPV) merupakan penyebab penyakit kanker serviks. Pengetahuan yang buruk tentang penyebab dan pencegahan kanker serviks dipercaya memperburuk kondisi yang ada, dan diperkirakan bahwa angka kejadian kanker serviks akan meningkat setiap tahunnya.  
Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dan bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan wanita yang berusia antara 35- 50 tahun tentang pencegahan kanker serviks. Penelitian ini diadakan pada tanggal 16 Juni 2011. Subjek dari penelitian ini adalah wanita yang berumur 35- 50 tahun, yang tidak terdiagnosa kanker serviks, semuanya berjumlah 140 orang, dengan menggunakan teknik sampling simple random sampling, 35 orang (25%).
Dari penelitian ini, didapatkan 6% responden mempuyai pengetahuan yang baik tentang pencegahan  kanker serviks, 23% orang mempunyai pengetahuan yang cukup tentang kanker serviks, dan 71% orang mempunyai pengetahuan yang kurang.
Peneliti berharap pihak yang terkait bersedia untuk meningkatkan pengetahuan wanita tentang pencegahan kanker serviks dengan memberikan dukungan, observasi, pengawasan, dan penyuluhan kesehatan tentang pencegahan kanker serviks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar