Sabtu, 24 Desember 2011

Status Gizi Pada Anak Dengan Sindrom Down di Sekolah Luar Biasa (SLB)


ABSTRAK


Oktoviansari, Onnie. 2011. Gambaran Status Gizi Pada Anak Dengan Sindrom Down di Sekolah Luar Biasa (SLB) Pembina Tingkat Nasional Kabupaten Malang, Karya Tulis Ilmiah, Politeknik Kesehatan Malang, Program Studi Keperawatan Lawang.
Pembimbing I: Drs. H. Samsul Bari, SST, M.Si. Pembimbing II: Sulastyawati, S.Kep. Ners


Kata kunci: Status Gizi, Anak, Sindrom Down.

Status gizi adalah keadaan tubuh sebagai akibat dari konsumsi makanan dan penggunaan zat-zat gizi, dibedakan antara status gizi buruk, kurang, baik, lebih (Sunita Almatsier, 2003: 3). Sindrom down adalah suatu kondisi keterbelakangan perkembangan fisik dan mental anak yang diakibatkan adanya abnormalitas perkembangan kromosom. Dikarenakan adanya gangguan pencernaan, maka banyak anak dengan sindrom down yang berbadan gemuk karena mereka banyak makan-makanan yang mengandung tinggi kalori. Dari survey pendahuluan, didapatkan fenomena status gizi lebih pada anak dengan sindrom down. Penelitian ini adalah diskriptif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran status gizi pada anak dengan sindrom down di Sekolah Luar Biasa (SLB) Pembina Tingkat Nasional Kabupaten Malang. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 17-18 Mei 2011 dengan teknik total sampling dan didapatkan responden sebanyak 30 orang. Setelah data terkumpul kemudian ditabulasi dan dianalisa. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa status gizi pada anak dengan sindrom down di Sekolah Luar Biasa (SLB) Pembina Tingkat Nasional Kabupaten Malang dengan metode antropometri didapatkan lebih dari setengahnya (53,3%) memiliki status gizi lebih, dan berdasarkan survey makanan (jumlah kalori) didapatkan lebih dari setengahnya (66,7%) memiliki status gizi lebih. Dalam hal ini diharapkan orang tua, guru dan masyarakat ikut serta memelihara kesehatan anak dengan sindrom down. Mengingat banyaknya dampak negatif yang dapat diperoleh dari kelebihan berat badan pada anak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar